Contoh Proposal Buletin Jum’at (PENAWARAN PEMBUATAN BULETIN JUM’AT)


PENDAHULUAN

  1. A. DASAR PEMIKIRAN

Konon Jenderal Napoleon Bonaparte lebih “takut” terhadap media cetak ketimbang menghadapi sejuta tentara di medan perang. Boleh jadi keyakinan itu disebabkan Napoleon Bonaparte menyadari bahwa media sangat berpengaruh dalam mencitrakan diri seseorang.  “Ketakutan” serupa juga pernah terjadi pada salah satu Pengusaha terkemuka di negeri ini- ketika salah satu koran nasional mempublikasikan sebuah berita yang secara tidak langsung menohok kehidupan sang Pengusaha. Sontak saja- berita tersebut langsung menjadi ikon nasional berbulan-bulan. Dengan susah payah sang Pengusaha langsung melakukan berbagai upaya untuk mengembalikan citra positifnya- diantaranya dengan membuat koran tandingan.

Hal ini mengisyaratkan bahwa; betapa pentingnya sebuah lembaga keagamaan memanfaatkan media cetak sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan visi-misi lembaganya dengan cara yang tepat dan se-efesien mungkin. Tentunya banyak cara untuk memperkenalkan visi-misi sebuah lembaga. Namun salah satu cara yang sangat relevan dengan tujuan tersebut diatas adalah dengan cara menerbitkan “BULETIN JUM’AT”.

  1.   GAMBARAN UMUM “BULETIN JUM’AT”

Buletin Jum’at dianggap sebagai sarana penting dalam mem-publikasikan visi-misi kedaerahan, ketenaga kerjaan, pendidikan, kesehatan, pertumbuhan ekonomi, kebudayaan, kemasyarakatan serta keagamaan Sang Kandidat,  karena buletin jum’at yang dimaksud akan sangat gamblang memaparkan atau menggambarkan visi-misi kedaerahan, ketenaga-kerjaan, pendidikan, kesehatan, kebudayaan, kemasyarakatan serta keagamaan Sang Kandidat dalam arti yang luas. Oleh karena itu, sangat wajar jika dikatakan bahwasanya pembuatan buletin jum’at sebagai ajang publikasi dan promosi adalah hal yang sangat dibutuhkan.

C.BULETIN JUM’AT

Buletin Jum’at adalah sebuah media yang menyajikan ulasan-ulasan seputar visi-misi sosial    keagamaan Sang Kandidat. Didalamnya memuat berbagai pemikiran sosial keagamaan Kandidat Kepala Daerah kepada khalayak ramai (calon pemilih). Dan penyebarannya didasari pada tujuan awal pembuatan buletin tersebut, yaitu guna terpilihnya Sang Kandidat. Selanjutnya, buletin jum’at tersebut bisa juga disebut sebagai perkenalan dasar bagi pembaca yang ingin mengetahui visi-misi Sang Kandidat. Selain daripada itu, buletin ini juga bisa dideterminasikan sebagai ajang publikasi dan promosi yang sangat fleksibel dan efektif.

  1. Tema Kegiatan

“Kiat-Kiat Menjadi Pustakwan Sehari”

  1. Tujuan pembuatan Buletin Jum’at 
  2. Mempublikasikan atau memperkenalkan kepada khalayak ramai (calon pemilih) tentang pemikiran dan langkah-langkah konkrit sebuah lembaga dalam menuntaskan berbagai problematika kehidupan masyarakat  dalam berbagai sektor, baik itu sektor ekonomi, sosial budaya, keagamaan dan lain-lain..
  3. Secara tidak langsung mempromosikan sebuah lembaga bahwa lembaga tersebut memiliki kepedulian yang tinggi dalam rangka memajukan, memakmukan, dan peningkatan SDM maupun SDA.
  4. Secara tidak langsung mempromosikan sebuah lembaga kepada khalayak ramai bahwa lembaga tersebut memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan, sosial, dan keagamaan.
  5. Sasaran
  6. Tokoh Agama
  7. Tokoh Masyarakat
  8. Instansi-instansi pemerintah maupun swasta.
  9. Organisai kemasyarakatan
  10. Pelaku usaha
  11. Masyarakat Umum
  1. MEKANISME PEMBUATAN BULETIN JUM’AT

Dalam pembuatan buletin Jum’at, dibutuhkan mekanisme yang matang atau proses pembuatan yang disusun secara sangat apik/rapi. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerancuan atau tumpang tindih dalam penyusunan dan pembuatan buletin tersebut. Pembuatan buletin Jum’at harus dikemas dengan kemasan semenarik mungkin. Karena didalamnya memiliki tujuan marketable yang tentunya dibutuhkan tampilan yang menarik, agar pembaca memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap ulasan-ulasan yang dikemukakan dan pada akhirnya menimbulkan daya tarik tersendiri terhadap visi-misi yang termuat didalamnya.

Selanjutnya, dalam penulisan pun dibutuhkan tulisan-tulisan dengan gaya bahasa yang segar untuk dibaca dan tentunya mudah untuk dipahami. Juga, kalimat-kalimat persuasif akan selalu ditonjolkan sebagai upaya memikat sang pembaca untuk tidak menjadikan buletin tersebut hanya sebagai hiasan rak buku belaka.

Demi memenuhi standart penulisan dan penyusunan sebagai mana tersebut di atas, maka kami membuat TIM yang berperan melaksanakan setiap tugasnya dengan terperinci. Adapun mekanisme penyusunan sampai pembuatan buletin tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pengumpulan dan Penyusunan Data

Ini adalah tugas awal dari penyusunan Buletin Jum’at al-Noor-Dien. TIM ini bekerja mencari, mengumpulkan dan menyusun data (tertulis) sedemikian rupa dan sebanyak mungkin untuk diseleksi kelayakan data tersebut dan selanjutnya di konsultasikan kepada pihak terkait akan keberadaan (tata letak) data-data tersebut.

  1. Lay-Out

Tim ini adalah bertugas menyeting tampilan Buletin Jum’at. Agar Buletin Jum’at tersebut dapat memikat sang pembaca. Karena didalamnya memiliki tujuan marketable yang tentunya dibutuhkan tampilan yang menarik, agar pembaca memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap ulasan-ulasan yang dikemukakan dan pada akhirnya menimbulkan daya tarik tersendiri terhadap isi yang termuat didalamnya. Tim Lay-Out bertugas mengambil, menyeting objek-objek kajian semenarik mungkin.

  1.   Penulisan dan Editing

TIM penulis bekerja memberikan keterangan semenarik mungkin terhadap data-data yang diperoleh oleh TIM penyusunan data dan TIM Lay-Out. Setelah penulisan dianggap selesai, TIM ini juga bekerja meng-edit atau memperbaharui data sesuai keinginan pihak terkait. Hal ini tentunya menuntut komunikasi yang intensif antara TIM dan Pihak terkait untuk selalu mengkonsultasikan tulisan penulis yang nantinya akan dimuat dalam sebuah buletin. TIM penulis kami adalah wartawan yang bekerja perusahaan Media Massa di Jakarta.

  1.  Konsultasi

TIM ini adalah gabungan dari TIM-TIM yang disebutkan diatas. Ia hanya bertugas mendiskusikan keberadaan setiap data dalam setiap lembaran Buletin yang akan naik cetak kepada pihak terkait. Dalam Konsultasi pada tahap ini, TIM kami akan membawa Frooping atau Dummy (contoh jadi Buletin/Print Out sebelum naik cetak) untuk dipresentasikan kepada pihak terkait. Selanjutnya dari hasil presentasi dan diskusi yang telah dilakukan, TIM akan kembali ke Jakarta untuk segera memulai proses pembuatan kepada tahap produksi.

  1. Produksi

Pada tahap ini TIM kami akan memproduksi hasil kerja seluruh TIM yang disebutkan di atas. Adapaun spesifikasi yang akan kami gunakan dalam pembuatan Buletin adalah sebagai berikut :

  1. Bahan-bahan yang digunakan:

–          Kertas Cover               : Art Carton 260 gr /  Hard Cover BOARD 260 Gsm

–          Kertas Kotak Buku     : Art Paper 160 gr

–          Kertas Isi                     : Matpaper 110 gr

–          Pembatas Baca            : Pita Saten

  1. Kualitas Cetakan

–     Proses offset               : Full colour (sparasi 4/4) + Glossy

–     Penjilidan                    : Lem Bakar (Lem Panas)

–     Finishing                     : Laminating DOFT + SPOT + UV

–     Pond/Huruf Timbul     : Jika dibutuhkan

  1. Mesin

–          GTO Jerman

  1. Ukuran Buku                    : 17 cm x 25 cm
  2. Jumlah Cetakan                 : 1000 eksamplar
  3. Tim Pengiriman

Pengiriman akan dilakukan setelah semua proses sebagaimana tersebut diatas selesai. Tim Pengiriman akan mengirimkan ke berbagai Mesjid yang tersebar di kota Palembang dan sekitarnya.

  1. Masa Pelaksanaan dan pembuatan

Pengerjaan/Proses pembuatan Normal buletin tersebut sampai dengan selesai dan pengiriman memakan waktu 40 hari.

  1. ANGGARAN BIAYA

Biaya yang dibutuhkan dalam pembuatan “BULETIN JUM’AT” dengan spesifikasi anggaran sebagai mana tersebut diatas adalah sebagai berikut :

  1. Spesifikasi Anggaran :
  2. TIM Penyusun dan Pengumpulan data   selama 3 bulan                         

–     Transportasi dan akomodasi                     :            Rp.      ,-

–     Konsumsi                                                  :           Rp.     ,-

–     Honorarium                                               :           Rp.     ,-

–     Komunikasi                                               :           Rp.      ,-

                                                                                   Rp.     ,-

  1.                 b.   TIM  Lay-Out 3 bulan ( 1 orang )              

                        –     Transportasi dan akomodasi                     :            Rp.      ,-

–     Konsumsi                                                  :           Rp.     ,-

–     Honor                                                        :           Rp.    ,-

–     Komunikasi                                               :           Rp.       ,-

                                                                                    Rp.     ,-

  1. TIM Penulis dan Editing 3 bulan  ( 2 orang )

                        –     Transportasi dan akomodasi                     :            Rp.      ,-

–     Konsumsi                                                  :           Rp.     ,-

–     Honor                                                        :          Rp.    ,-

–     Komunikasi                                               :           Rp.     ,-

                                                                                   Rp.    ,-

  1. TIM Konsultan 3 bulan ( 2 orang )

                        –     Transportasi dan akomodasi                     :            Rp.      ,-

–     Konsumsi                                                  :           Rp.     ,-

–     Honor TIM                                                :          Rp.    ,-

–     Komunikasi                                               :           Rp.      ,-

                                                                                   Rp.     ,-

  1. TIM  Pengiriman 3 bulan ( 2 orang )

                        –     Honor Tim                                                 :           Rp.      ,-

                        –     Transportasi Pengiriman                            :            Rp.      ,-

                        –     Komunikasai                                             :           Rp.      ,-

                                                                                   Rp.    ,-

  1. PRODUKSI dan Fhinishing

      –     Art carton 250 gr, art paper 250 gsm,

            mad paper 110 gr, BOARD, dan

      Produksi untuk 1000 exs, 250 hal,Full

      Colour, Laminating Doft, UV, Glossy

Fond/embosh. @Rp.  x 1000 exs  :                        Rp.  ,-

                        –     Kotak Buku LUX @Rp. 10.000 x 1000   :           Rp.   ,-

                                                                                Rp.   ,-

  1.                Rekapitulasi Anggaran :
  2. Tim Penyusun dan Pengumpulan Data      :             Rp.      ,-
  3. Tim Lay-Out                                           :            Rp.   ,-
  4. Tim Penulis dan Editing                            :            Rp.    ,-
  5. Tim Konsultasi                                         :            Rp.   ,-
  6. Tim Produksi                                           :            Rp.   ,-
  7. Tim Pengiriman                                        :            Rp.     ,-

                        TOTAL ANGGARAN                            :             Rp.      ,-

( Dana yang dibutuhkan untuk pembuatan Buku Profil Daerah sebanyak 1000 eksamplar adalah terbilang : Seratus Enam Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Lima Ratus Rupiah )

  1. LAMPIRAN

         Berikut ini kami lampirkan contoh-contoh desain dan creative product yang telah kami kerjakan. (Sebagaimana terlampir dalam “Bundel” lampiran contoh product)

  1. PENUTUP

         Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Dengan harapan bapak bersedia menerimanya. Semoga kerja sama ini dapat membuahkan hasil yang memuaskan bagi semua pihak. Akhir kata kami ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

Jakarta, 23November 200

CLUB SAHABAT SEJATI

Sumber Link Muslimin.