Cara Ibu Hamil Dalam Menjaga Kandungannya


Menjadi seorang ibu adalah suatu anugerah.  Seorang ibu akan mengalami sendiri masa kehamilan, persalinan dan merawat serta mendidik anak-anaknya.  Ibu adalah Tonggak dalam membentuk suatu Keluarga yang sehat dan bahagia.  Tentu saja dengan dukungan dan kerjasama dari suami dan juga seluruh keluarga.  Oleh karenanya alangkah bijaksana bila setiap ibu maupun keluarga mengetahui tentang arti kesehatannya. Dibawah ini adalah contoh dari makanan-makanan sehat yang baik bagi ibu hamil:

Makan makanan yang sehat sangatlah penting. Tapi ingat juga bahwa sekarang anda makan untuk dua orang. Ini adalah beberapa petunjuk makanan buat ibu hamil

  1. kebanyakan kehamilan, bayi hanya makan dgn jumlah yg sangat sedikit. Jadi Ibu hamil makan untuk dua orang sebenarnya kurang tepat. Harap diingat, pada tidaklah benar anda makan untuk dua orang. Bahkan kebutuhan kita sebenarnya hanya perlu tambahan 300 kalori perhari. Sepotong kue coklat mungkin sangatlah lezat, tapi anda tidak perlu untuk memakannya tiap hari.
  2. Yang terpenting, anda makan makanan yang sehat. Banyak sayuran hijau dan juga susu. Yogurt adalah pilihan yang tepat ketika anda merasa lapar setiap beberapa jam. Dan makan makanan kecil sepanjang hari boleh-boleh saja untuk menghilangkan lapar dan mual .
  3. Hindari telur mentah. Kebanyakan orang tahu ini. Dan jika ada riwayat alergi dalam keluarga anda, telur matangpun juga dihindari.
  4. Makanan yang juga harus dihindari adalah kacang-kacangan. Alergi kacang adalah masalah serius dan banyak ahli gizi yang sangat tidak menganjurkan pemberian kacang-kacangan. Kenapa begitu? Karena alergi kacang sangat membahayakan jiwa dan sedikit yang bertahan dengannya
  5. Makanan yang mengandung asam folat sebagai nutrisi mencegah cacat syaraf pada bayi seperti brokoli, pisang, bayam, biji-bijian, kentang dan sebagainya
  6. Hindari ikan mentah. (katakan tidak pada yg mentah) Tidak ada sushi. Jauhi ikan tuna dan ikan lain yang mengandung merkuri tinggi.

Kebutuhan Gizi Bagi Ibu Hamil:

1.      Kalori (Energy)

2.      Protein

3.      Folat (Asam Folat)

4.      Zat Besi

5.      Kalsium

6.      Vitamin C, E dan E

7.      Kolin

Kehamilan yang sehat tentu menjadi dambaan bagi setiap calon orang tua. Selain menjaga konsumsi makanan sehat dan selalu periksa ke dokter, ada beberapa perkerjaan rumah tangga yang harus dihindari bunda karena bisa berefek buruk bagi janin. Hal ini terutama ketika bunda sedang hamil muda, dimana faktor kelelahan bisa membahayakan janin. Meskipun biasanya dorongan untuk membersihkan rumah maupun semua yang terlihat berantakan terasa kuat. Saat hamil tua bunda malah dianjurkan untuk memperbanyak jalan kaki agar mempermudah dalam persalinan nantinya. Intinya bunda tidak diperbolehkan bekerja berlebihan dan harus tahu pekerjaan apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Di bawah ini adalah Beberapa pekerjaan rumah yang harus dihindari saat hamil :

Membersihkan kandang binatang peliharaan.

Membersihkan kandang binatang beresiko menimbulkan toksoplasmosis yang bisa menular lewat kotoran maupun bulu hewan. Toksoplasmosis berbahaya bagi perkembangan janin, bahkan bisa mengakibatkan keguguran. Untuk itu selalu jaga kebersihan binatang peliharaan serta cuci tangan dengan sabun usai memegangnya. Jangan lupa memakai sarung tangan saat berkebun.

Menggunakan obat pembasmi serangga.

Sebisa mungkin hindari penggunaan obat-obat pembasmi serangga terutama yang disemprot ke udara karena lama mengendap di perabot maupun benda dibawahnya. Obat serangga mengandung pestisida yang jika terhirup tubuh akan dibawa darah ke janin yang membahayakan perkembangan janin.

Mengangkat atau memindahkan perabot rumah tangga maupun benda yang berat.

Hal ini untuk menghindari terjadinya cedera punggung. Saat hamil punggung telah menanggung beban lebih berat karena janin yang ada dalam rahim.

Mengecat atau mempolitur perabotan.

Cat dan politur juga berbahaya bagi ibu hamil karena kandungan bahan kimianya yang tinggi. Hindari pekerjaan mengecat rumah maupun berada di dalam rumah yang sedang dicat untuk menghindari paparan bahan kimia. Jika terpaksa melakukan pekerjaan tersebut pilih bahan yang aman serta gunakan sarung tangan dan beri ventilasi yang cukup. Hindari makan dan minum saat melakukan pekerjaan tersebut.

Masalah Ibu Pada  Hamil:

Anemia: Anemia disebabkan karena selama kehamilan terjadi peningkatan volume darah total, sehingga seakan-akan darah calon ibu tampak kekurangan. Anemia yang sesungguhnya dapat menimbulkan masalah pada ibu hamil. Karena itu dokter secara rutin mengukur kadar hemoglobin dalam darah ibu hamil. Biasanya ini dilakukan pada kunjungan pertama, dan uji berikutnya pada kehamilan kira-kira 28 minggu. Selama kehamilan banyak dokter menyarankan agar semua wanita minum tablet yang mengandung zat besi.

Depresi Antenata: Antara 5-10 persen wanita hamil mengalami depresi. Kebanyakan di antaranya ketika mengandung bayi yang pertama, tidak mempunyai pasangan atau mempunyai pasangan pengangguran, kurang dukungan sosial dan kekhawatiran keadaan bayinya. Mereka lebih mungkin mengembangkan depresi setelah melahirkan

Sakit Punggung: Dalam kehamilan lanjut, sendi pinggul dan ligamen menjadi relaks. Di saat yang sama peningkatan berat rahim mengubah pusat keseimbangan, sehingga calon ibu harus berdiri dengan pundak agak tertarik ke belakang. Pada kebanyakan ibu hamil, sikap ini dan ligamen yang rileks menyebabkan sakit punggung, terutama wanita yang pernah melahirkan sebelumnya. Rasa sakit biasanya meningkat sepanjang hari dan semakin berat menjelang malam

Mandi: Mandi yang disarankan adalah berendam cukup lama, seperti gaya Amerika. Palings edikit dalam empat minggu terakhir kehamilan, ketika air dapat memasuki vagina dengan baik. Sebelum usia kehamilan tersebut, mandi berendam juga aman dan dapat membuat tubuh relaks

Citra Tubuh: Banyak wanita menikmati kehamilannya, menerima perubahan bentuk tubuh sebagai bukti dari kemampuan mereka menjaga bayi tumbuh dalam rahim. Wanita lain merasakan sebagai hal yang tidak menyenangkan dan tidak bahagia dengan tubuh yanggemuk dan membengkak. Hilangnya kesenangan terhadap bentuk tubuh dapat mendatangkan kecemasan dan perasaan tidak lagi menaruj bagi pasangannya. Hal ini bisa dikurangi jika suami atau pasangan menunjukkan bahwa perasaannya tidak berubah melalui perilaku

Muntah-muntah: Mundah dan sakit kepala kadang-kadang terjadi dalam kehamilan dan disebabkan perubahan sistem peredaran pada calon ibu karena kehamilan. Meski mengganggu tapi tidak membahayakan

Keletihan: Banyak wanita menjadi mudah letih atau tertidur lebih lama dalam separuh masa kehamilannya. Rasa letih akan meningkat ketika mendekati akhir kehamilan.