Manusia Sebagai Pelaku Komunikasi


1. Pelik-Pelik Manusia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Manusia Berarti Makhluk Yang Berakal Budi (Mampu Menguasai Makhluk Lain).

2. Paham-Paham Mengenai Manusia

Menurut Prof. Drijarkara Dalam Filsafat Ada Beberapa Aliran Atau Paham Mengenai Manusia, Antara Lain Paham Materialisme (Paham Kebendaan Atau Materi), Paham Idealisme (Paham Yang Berpusat Pada Pola Pikir Manusia), Dan Paham Eksistensialisme (Cara Manusia Berada Di Dunia).

3. Ethos Komunikator

Sejak Zaman Yunani Purba Tatkala Komunikasi Masih Berkisar Pada Komunikasi Lisan Yang Waktu Itu Dinamakan Retorika Ditekankan Kepada Para Komunikator Yang Dalam Retorika Disebut Orator Atau Rhetor Agar Mereka Melengkapi Diri Dengan Ethos (Sumber Kepercayaan), Pathos (Imbauan Emosional), Dan Logos (Imbauan Logis).

Komponen-Kompanen Ethos Adalah Competence (Kemampuan), Integrity (Kejujuran), Dan Good Will (Tenggang Rasa). Sedangkan Faktor-Faktor Pendukung Ethos Adalah Persiapan, Kesungguhan, Ketulusan, Kepercayaan, Ketenangan, Keramahan, Dan Kesederhanaan.

4. Komunikator Humanistik

Komunikator Humanistik Adalah Diri Seseorang Yang Unik Dan Otonom, Dengan Proses Mental Mencari Informasi Secara Aktif, Yang Sadar Akan Dirinya Dan Keterlibatannya Dengan Masyarakat, Memiliki Kebebasan Memilih, Dan Bertanggung Jawab. Sedangkan Ciri-Ciri Komunikator Humanistik Adalah Berpribadi, Unik, Aktif, Sadar Diri, Dan Keterlibatan Sosial.